Sistem Tanggung Renteng

SISTEM TANGGUNG RENTENG

Sistem Tanggung Renteng adalah :

“Tanggung jawab bersama di antara anggota di satu kelompok  atas segala kewajiban terhadap koperasi dengan dasar keterbukaan dan saling mempercayai.” Itulah definisi tanggung renteng. Untuk itu agar sistem tanggung renteng bisa diterapkan dibutuhkan 3 unsur, yaitu : kelompok, kewajiban dan peraturan.

 

Dalam penerapan sistem ini, keberadaan kelompok merupakan wadah anggota dalam beraktivitas untuk pemenuhan hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi. Disamping itu kelompok juga sebagai sarana komunikasi antar anggota maupun anggota dan koperasinya. Dengan demikian di kelompok juga akan terjadi proses pembelajaran bagi anggota. Untuk itu kelompok diwajibkan untuk mengadakan pertemuan rutin secara berkala.

 

Bila proses sistem tanggung renteng diterapkan secara benar, maka akan terjadi perubahan sikap dan perilaku anggota. Sebuah sikap dan perilaku yang dilandasi kesadaran terhadap tata nilai tanggung renteng yaitu kebersamaan, keterbukaan, saling percaya, musyawarah, disiplin dan tanggung jawab. Hal inilah yang menjadi modal bagi koperasi untuk bisa tumbuh dan berkembang baik dari sisi organisasi maupun usaha.